2 Tips Memilih Warna Dan Motif Batik


ARTIKEL
2 Tips Memilih Warna Dan Motif Batik –-- Para sahabat pecinta batik tentu tidak asing dengan berbagai warna dan motif batik yg ada di Negeri Tercinta ini. Pastinya warna dan motif juga menjadi salah satu dasar dalam memutuskan : ‘mau membeli atau tidak’ sebuah busana batik. Nah, berarti para sahabat harus tahu dong 2 tips memilih warna dan motif batik ini, agar batik yg dibeli cocok dengan karakter tubuh dan warna kulit kita. Dengan mengetahui 2 tips memilih warna dan motif batik, maka baju-baju batik yg kita beli bukan hanya menarik karena modelnya yg keren dan unik, tetapi juga menjadi sedap dipandang mata saat kita pakai karena warnanya matching dengan karakter warna kulit.

Hmmm…para sahabat pecinta batik kadang bingung kan, memilih busana batik. Soalnya motif dan warna batik-batik Indonesia keren-keren sih. Nah agar kita mendapatkan busana batik yg warna dan motifnya membuat aura kita semakin bersinar (cie..!!!) yuk kita simak 2 tips memilih warna dan motif batik ini.

Sebelum memilih warna dan motif batik yg sesuai, kita mesti mengetahui karakter warna kulit kita. Menurut referensi yg saya baca nih (mengutip tulisan Reni Kusumawardhani, penulis buku How to wear batik) karakter warna kulit dikelompokkan menjadi 2, yaitu : Warna dingin dan warna hangat(www.solopos.com, 11 Februari 2013).
Warna hangat adalah warna yg mengandung unsur kuning. Contohnya : kuning kunyit, peach (kombinasi soft pink dan bayangan orange), orange, hijau lumut, merah bata, putih gading atau keemasan.
Sedangkan warna dingin adalah warna-warna yg mengandung unsur kebiruan. Contohnya : putih susu, pink, baby blue (biru kalem), toska (hijau kebiruan), hijau zamrud, abu-abu, putih porselen atau rose beige.

Trus gimana nih 2 tips memilih warna dan motif batik yg dimaksud? Sabar ya…hehehe… Tahap berikutnya kita harus menentukan warna kulit kita ini termasuk warna hangat ataukah warna dingin. Caranya? Gampang kok..!!! Berdiri aja di depan cermin, sampirkan kain warna orange di tubuh kita (warna orange kita pilih untuk mewakilki warna hangat). Kemudian lihat efek yg terjadi. Kalau efeknya membuat kulit dan wajah kita semakin cerah dan bercahaya, maka bisa disimpulkan karakter warna kulit kita adalah warna hangat. Tapi kalau terlihat pucat dan kusam, berarti kita tidak cocok memakai warna hangat.
Demikian juga untuk melihat warna dingin. Coba sampirkan kain warna pink atau warna biru. Apabila warna kulit dan wajah kita terlihat semakin cerah, artinya kita lebih cocok memakai warna-warna dingin.

Nah, sekarang jelas kan, apa inti dari artikel 2 tips memilih warna dan motif batik ini? Bener para sahabatku, tips yg pertama pilihlah busana batik yg warna motif atau warna dasarnya sesuai karakter kulit kita. Kalau karakternya dingin, pilihlah warna-warna baju batik yg dominan warna dingin (putih susu, pink, baby blue, toska, hijau zamrud, abu-abu, putih porselen atau rose beige). Kalau karakternya hangat, pilihlah busana batik yg dominan warna-warna hangat (kuning kunyit, peach, orange, hijau lumut, merah bata, putih gading atau keemasan).

Gampang ya..hehehe… Secara umum sih, warna-warna gelap membawa efek melangsingkan atau mengecilkan. Sedangkan warna-warna cerah membawa efek membesarkan. Jadi ukuran tubuh juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih warna yg sesuai.

Lha trus milih motif batiknya gimana? Oya, hampir lupa. Untuk motif batik juga mesti diperhatikan. Ini merupakan tips yg kedua, jika struktur tubuh sahabat cenderung lurus dan langsing pilihlah motif yg besar-besar dan membentuk diagonal. Sebaliknya untuk tubuh yg cenderung gemuk, pilihlah motif batik yg kecil-kecil agar lebih serasi dipakai.

Sekian dulu para sahabat pecinta batik, 2 tips memilih warna dan motif batik, semoga berguna bagi Anda semua. Sebelum saya akhiri artikel ini, mohon promo sebentar ya..hehehe..(dasar.!!!) Kalau para sahabat berniat berbelanja batik, silahkan klik link ini ya :---> RUMAH BATIK JAWA. Busana-busana batiknya keren-keren lho, modelnya up to date, harganya murah tapi kualitasnya bagus (Amin..!!!). Mumpung ini lagi ada SPECIAL PROMO, berupa GRATIS ONGKOS KIRIM ke seluruh wilayah Indonesia, untuk pembelian minimal 5 (lima) ptg busana batik kami (baju couple dihitung 1 ptg). Ayo buruan order baju batik kami..

Selamat berbelanja ya..!!! Bye...***

Penjelasan Warna :
peach (kombinasi soft pink dan bayangan orange) :
baby blue (biru kalem) :
rose beige :



Selain artikel 2 tips memilih warna dan motif batik ini, baca dan lihat juga :
Tips Membuka Usaha Batik Dengan Modal Kecil
Tips Memilih Baju Batik Untuk Tubuh Gemuk
6 Tips Memilih Baju Batik Untuk Tubuh Kurus
Warna dan motif batik sarimbit
Warna dan motif batik blouse
warna dan motif batik sackdress
warna dan motif batik hem batik
Pesan 2 Tips Memilih Warna Dan Motif Batik
Quantity :

2 comments:

Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang cara membuat batik?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi, anda bisa mendownload video tutorial membuat batik di Fitinline.

Thanks for sharing.. Butuh bahan baju berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

Post a Comment