PROSPEK BISNIS BATIK INDONESIA SKALA RUMAH TANGGA


ARTIKEL
Prospek bisnis batik Indonesia skala rumah tangga --- Sejak ditetapkan sebagai Budaya Asli Indonesia oleh UNESCO, dan ditetapkannya tgl 02 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, pakaian dan aneka asesoris/perlengkapan dari bahan batik indonesia menjadi trend di masyarakat. Aneka produk batik booming di pasaran. Masyarakat semakin percaya diri memakai busana batik Indonesia. Tidak seperti dahulu dimana masyarakat terkesan kurang antusias memakai pakaian dengan motif batik.

Fenomena ini menguatkan dugaan bahwa prospek bisnis batik Indonesia masih terbuka lebar. Apalagi dg diwajibkannya berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta, sekolah-sekolah, untuk ikut mengembangkan tradisi ber-busana batik. Dengan menjadikan baju batik sebagai pakaian wajib untuk kerja pada hari-hari tertentu. Alhasil, busana batik semakin berkembang dan membudaya di kalangan masyarakat umum mulai dari anak-anak, remaja, kaum muda, sampai orang tua. Sekarang aneka gambar busana batik sudah menghiasi berbagai media massa. Apalagi dg menjamurnya aneka media komunikasi dan sosial seperti facebook, tweeter, skype, dsb yang memperkuat prospek bisnis batik Indonesia.

Fenomena ini menjadi momen yang penting bagi mereka yang bisa menangkap peluang bisnis didalamnya. Mulai dari perusahaan/industri kerajinan batik skala besar maupun skala kecil seperti rumah tangga melihat produk berbahan kain batik sebagai lahan untuk meraup penghasilan. Ada dua hal yang bisa diraih, pertama (sudah pasti) tambahan laba/penghasilan, kedua ikut berpartisipasi dalam mengembangkan budaya berbusana batik Indonesia di Tanah Air.

Jadi, tidak harus skala raksasa (yang pasti butuh modal besar) untuk berbisnis batik, skala rumah tangga pun bisa melaksanakan dengan modal yang relatif kecil (untuk lebih detailnya silakan baca juga : Berbisnis Baju Batik Dg Modal Kecil). Ada yang melakukannya dengan menjadi produsen (penghasil/membuat sendiri), yang biasanya dilakukan oleh para wirausahawan di lingkungan atau sentra industri kecil di daerah-daerah kawasan industri batik (seperti Solo, Yogya, Pekalongan). Namun ada pula yang memulainya dengan hanya menjadi penjual retail atau agen.

Dengan menjadi penjual atau agen skala rumah tangga banyak sekali keuntungannya. Pertama, modalnya relatif kecil; kedua, bisa dilakukan didaerah manapun, di kota manapun, di Negara ini; ketiga, lebih fleksibel dalam memasarkan. Di daerah-daerah seperti : pati, rembang, semarang, tegal, dan tentunya daerah-daerah lainnya, usaha skala rumah tangga ini sudah mulai berkembang. Banyak sekali keluarga-keluarga yang mulai berbisnis menjual busana batik. Ada yang membuka kios sekedar untuk showroom, ada yang bahkan hanya memanfaatkan sebagian ruangan kosong di rumahnya sendiri. Dengan demikian, dana awal yg dibutuhkan tentunya tidak terlalu besar.

Melaksanakan bisnis batik skala rumah tangga tidaklah sulit. Namun hasilnya tergantung bagaimana kerasnya usaha kita. Yang perlu dilakukan adalah :
(1).Survey kebutuhan pasar, tentukan sasaran utama konsumen kita, menengah kebawah atau menengah ke atas
(2).Segera lakukan pembelian produk sesuai kebutuhan pasar (sbg referensi tempat pembelian baju batik yg murah dan berkualitas bagus adalah di Rumah Batik Jawa ).
(3).Buat ruangan/kios untuk showroom, agar kalau ada konsumen yg datang bisa langsung melihat produk (model, warna, batik motifnya) yg kita jual (tdk perlu yg luas, kita bisa memanfaatkan kamar, ruang tamu atau ruang lain yg tdk terpakai).
(4).Lakukan promosi sesuai karakter konsumen kita. Cari promosi yg gratis, seperti lewat facebook, iklan gratis, dsb.
(5).Bila perlu jangan hanya menunggu pembeli datang tapi kita yg bersikap progresif dengan “menjemput bola”, datang ke rumah-rumah atau kantor-kantor untuk mempromosikan produk kita.
(6).Tips untuk memperoleh produk murah adalah : memanfaatkan event-event diskon atau paket-paket dengan harga khusus yg ditawarkan beberapa suplier (penjual) batik yg sudah terpercaya (jangan tergiur program diskon sembarangan yg ditawarkan). Para penjual batik yg terpercaya biasanya memberikan program diskon/paket harga khusus untuk produknya yg sudah kelebihan stok (cuci gudang), namun kualitas tetap bagus (harga dibanting). Misalnya lihat di toko online batik Rumah Batik Jawa. Program diskon/paket harga spt inilah yg sebaiknya kita pilih.

Kesimpulannya, pospek bisnis batik Indonesia skala rumah tangga masih terbuka lebar. Trus, kenapa tidak segera kita mulai? Ayo, berbisnis batik Indonesia..! (Gus Setyono).


Selain artikel pospek bisnis batik Indonesia ini, lihat juga galeri busana batik :
Kategori produk
Sackdress batik
Blouse Batik
Sarimbit Batik

Pesan PROSPEK BISNIS BATIK INDONESIA SKALA RUMAH TANGGA
Quantity :