FAKTANYA, BATIK ASLI INDONESIA MERUPAKAN KARYA RUMAH BATIK BERKELAS DUNIA!!!


ARTIKEL
Faktanya, Batik asli Indonesia merupakan karya Rumah Batik Berkelas Dunia!!! --- Alasan paling kuat mengapa Indonesia dicanangkan sebagai Rumah Batik Dunia, adalah karena faktanya produk-produk batik asli Indonesia memang layak disebut karya orisinil Bangsa Tercinta ini yang berkualitas tinggi. Selayaknya batik asli Indonesia menjadi acuan (tolok ukur) trend atas semua produk batik di seluruh dunia. Sehingga diharapkan para pecinta batik dari seluruh dunia mau singgah untuk berbelanja atau mengkoleksi batik asli Indonesia.

Banyak cara untuk melestarikan, mempertahankan dan mengembangkan sebuah budaya Bangsa. Tidak hanya dengan mengucurkan sejumlah dana, namun juga ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan. Tujuannya bukan hanya agar budaya Bangsa tidak direbut (baca : diakui) oleh Bangsa lain, namun juga agar budaya tersebut semakin berkembang dan diakui oleh masyarakat Dunia (tak terkecuali adalah batik asli Indonesia).

Budaya merupakan salah satu identitas Bangsa. Keberadaannya bisa menjadi ciri atau karakter masyarakat yang memiliki dan menciptakan budaya tersebut. Budaya juga bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk bisa menumbuhkan semangat juang, kerja keras, dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan makmur. Karena budaya dapat menjadi spirit bagi masyarakat dalam berkarya guna mencapai cita-cita ( Blog : Pendidikan Alternatif FX. Gus Setyono).

Karena itu patut dihargai upaya pemerintah dalam melestarikan dan bahkan mengembangkan batik asli Indonesia sebagai budaya bangsa. Pemerintah tidak hanya mengucurkan dana dan membangun sentra-sentra industri dalam mengembangkan batik. Namun juga berupaya mendapatkan pengakuan dunia agar batik diakui sebagai warisan budaya Indonesia. Upaya tersebut berhasil dengan adanya pengakuan dari UNESCO bahwa batik asli Indonesia adalah warisan budaya bukan benda milik negeri ini (Republika.co.id / 07 Agustus 2011). Hal ini sangat wajar, mengingat batik-batik asli Indonesia memang sangat menarik, kreasi-kreasi motif batiknya unik dan kental nuansa etniknya. Busana-busana batik yang diciptakan juga tidak kalah dengan model-model luar negeri yang menjelma menjadi batik modern (lihat contoh galerinya Rmh Batik Jawa ). Jadi lengkap sudah, semua kesan ada : unik, etnik dan eksklusif (lihat berbagai model pakaian batik asli Indonesia yang begitu menawan di galeri Rumah Batik Jawa).

Tidak berhenti disitu, pemerintah kembali berusaha mengembangkan image bagi dunia, bahwa Indonesia adalah Rumah Batik Dunia. Hal ini karena batik memang dimiliki oleh bangsa-bangsa lain. Jadi, meskipun batik ada di Negara-negara lain juga, tetapi rumahnya tetap di Indonesia. Usaha itu dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggelar ajang pemilihan putera-puteri batik nusantara (www.kompas.com / 5 Agt 2011), serta melaksanakan pameran batik tingkat dunia. Salah satunya adalah pergelaran 'World Batik Summit', di Jakarta, yang dihadiri oleh ratusan peserta dari dalam dan luar negeri, pada tanggal 28 September – 2 Oktober 2011. Acara ini mengambil tema "Indonesia Global Home Batik” (Indonesia Rumah Batik Dunia).

Kita wajib mendukung upaya ini, agar budaya batik benar-benar mendunia. Indonesia bisa diakui sebagai rumah batik dunia. Kita bisa membayangkan bila usaha itu berhasil, masyarakat dari seluruh belahan dunia akan berbondong-bondong datang ke negeri ini untuk berbelanja busana batik asli Indoensia. Dengan demikian, bukan hanya nama Bangsa ini yang harum di mata dunia, namun juga para pengusaha batik dari yang kecil sekalipun bisa meningkat pendapatannya. Semoga..!***
.



Selain tulisan Faktanya, Batik Asli Indonesia Merupakan Karya Rumah Batik Dunia!!! ini, lihat dan baca juga :
Batik asli Indonesia SCD.01-20
Batik asli Indonesia SCD.01-19
Batik asli Indonesia SCD.01-16
Batik asli Indonesia SCD.011-03
Batik asli Indonesia : Sarimbit batik
Batik asli Indonesia : Blouse Batik
Batik asli Indonesia : Sackdress Batik
Busana batik asli Indonesia
baju batik asli Indonesia di rumah batik "Jawa"
javanese traditional art of batik
sejarah batik
menggabungkan nuansa etnik dan eksklusif

Pesan FAKTANYA, BATIK ASLI INDONESIA MERUPAKAN KARYA RUMAH BATIK BERKELAS DUNIA!!!
Quantity :