METAMORFOSIS BATIK KE MODEL BATIK MODERN


ARTIKEL
Metamorfosis Batik Ke model batik modern---Pada awalnya kain batik (batik Indonesia) dibuat hanya untuk keperluan upacara-upacara resmi kerajaan atau busana bagi kalangan terbatas di keraton, yang modelnya sangat tradisional dan kaku. Motifnya-pun khas dan eksklusif, dimana setiap keluarga (keraton) memiliki motif khusus yang mereka banggakan. Sekarang batik yg konvensional sdh seperti mengalami metamorfosis menjadi model batik modern.

Sampai sekarang eksklusivitas dan ke-khas-an kain batik Indonesia memang masih terasa, dan hal itu memang masih dipertahankan. Namun model baju yang dibuat dari bahan kain batik tradisional menjadi sangat berkembang dan bervariasi. Baju batik tidak lagi hanya dipergunakan untuk upacara-upacara resmi adat, namun telah menjadi busana dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari daster batik untuk pakaian di rumah, hingga baju kerja (kantor) sudah memakai bahan batik.

Alhasil, kain-kain batik yg pd waktu lalu hanya bermotif konvensional, kini sdh mengalami berbagai perubahan, hasil dari kreativitas para pebatik Indonesia. Misalnya munculnya motif batik-lurik, batik bola, dsb. Kain-kain batik yg sdh berkembang motif dan warnanya tersebut kemudian seperti mengalami perubahan wujud menjadi aneka bentuk atau model batik modern yang terus berkembang dari waktu ke waktu (lihat contoh galerinya di : Rumah Batik Jawa.

Sekarang sdh ratusan atau bahkan mungkin ribuan baju batik model batik modern yg ciptakan para desainer baju. Tidak hanya itu, kain batik juga menjelma menjadi macam-macam kerajinan tangan yg memukau dan eksotik, seperti : tas, dompet, sandal, dll.

Kaum remaja hingga orang tua mulai berburu aneka busana batik model-model terbaru maupun kerajinan batik. Kondisi ini sebenarnya merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi para desainer dan pengusaha batik untuk terus berkreasi menciptakan model batik modern dengan desain-desain yg fresh dan keren.

Nah, kesimpulannya, bagi Anda yang mempunyai usaha atau bisnis batik mesti memiliki kreativitas untuk menghasilkan berbagai model batik modern yang bisa diterima pasar. Sebab kalau Anda bertahan dengan motif serta model-model lama atau konservatif, maka jangan harap bisnis Anda akan berkembang.(Gus Setyono).

Lihat juga aneka produk dan model batik modern :
model batik modern SB.02-10 model batik modern SB.02-25
model batik modern SB.02-26 model batik modern SB.02-20
model batik modern SB.02-19 model batik modern SB.02-11
model batik modern SB.02-20
model batik modern SB.02-19
model batik modern SB.02-18
model batik modern SB.02-14
model batik modern SB.02-08
model batik modern SB.02-05
Sackdress batik
Blouse Batik
Sarimbit Batik
Daster Batik
Pesan METAMORFOSIS BATIK KE MODEL BATIK MODERN
Quantity :