BAJU BATIK MODERN : MENGGABUNGKAN NUANSA ETNIK DAN EKSKLUSIF


ARTIKEL
baju batik modern : menggabungkan nuansa etnik dan eksklusif --- Pembaca yg budiman, pesan yang ingin diperlihatkan para pecinta batik saat mereka mengenakan baju batik modern adalah perpaduan antara nuansa etnik dan eksklusif. Ketika mengenakan batik, maka dalam hati kita sebenarnya ingin memperlihatkan kecintaan dan militansi kita dalam berbusana hasil karya anak bangsa yang terkesan tradisional (kedaerahan), unik namun dibalik ke-tradisional-an dan keunikan itu justru terpancar nuansa eksklusif.

Dengan memakai pakaian yang terkesan kental nuansa budaya tradisionalnya, kita merasa semakin meningkatkan pride. Ditambah lagi perasaan puas karena telah berpartisipasi mengangkat hasil budaya Bangsa Indonesia. Dengan dipadukan nuansa modern yang eksklusif, maka dg memakai baju batik modern mereka bisa menunjukkan kepada publik (orang-orang sekitarnya) bahwa meskipun yg mereka kenakan busana daerah yg merupakan hasil karya Anak Bangsa mereka juga tidak ketinggalan zaman. Bahkan citra diri mereka di mata lingkungan menjadi terangkat.

Para pebisnis batik yang jeli tentunya akan menangkap fenomena ini sebagai momen yg harus dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Untuk itu mereka harus mampu menciptakan model-model baju batik modern yang memunculkan kesan etnik (kedaerahan yg menonjolkan kearifan lokal) sekaligus eksklusif. Berbagai motif kain batik didesain agar tetap kuat nilai kedaerahannya (contoh kain batik modern di link ini : kain batik).

Pada saat yang sama para perancang busana yang kreatif juga berusaha terus menciptakan model-model baru busana dari bahan batik. Mereka berusaha memaksimalkan kreatifitas demi menghasilkan berbagai busana batik yang unik dan menarik. Alhasil, muncullah model-model baju batik modern yang sangat menawan. Mulai dari blus untuk kerja, blus dewasa, remaja, hingga blus untuk ABG (lihat keindahan blus batik di link ini : blouse batik). Demikian juga aneka macam model sackdress maupun longdress tercipta dari kreatifitas para desainer dan pecinta batik (bukti model-model unik dan kreatif sackdress batik bisa dilihat di link ini : sackdress batik).

Para remaja dan ibu-ibu muda adalah konsumen utama baju batik modern yang memiliki model-model unik dan elegan. Mereka adalah para pemburu busana yang memiliki corak kedaerahan tetapi juga yang terkesan eksklusif. Mereka ingin ikut mengembangkan budaya dengan berbusana batik, tetapi tetap tidak mau ketinggalan model. Citra diri mereka terangkat dengan ikut mengangkat budaya daerah, tetapi dengan memadukan kreasi-kreasi modern.

Sayangnya banyak juga para pengrajin (produsen) kain dan busana batik kurang menyadari dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Mereka tetap saja terpaku dengan desain corak serta model-model baju batik yang monoton dan kaku. Apakah hal itu karena mereka berusaha mempertahankan tradisi masa lalu ataukah karena ketidakmampuan dalam menyerap perkembangan zaman, yang jelas lambat laun mereka akan ditinggalkan para penggemar batik. Terutama pecinta batik kalangan muda yg lebih tertarik pada baju batik modern.

Maka dari itu, untuk tetap membuat batik tetap eksis sebagai busana dalam aktivitas sehari-hari, para pecinta, perancang dan pebisnis busana batik mesti mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman (baca : baju batik modern). Amati model apa yang sedang menjadi trend di masyarakat, kemudian aplikasikan dalam rancangan dan produksi baju batik modern.

Kalau perlu ciptakan model-model baru pakaian batik, mulai dari blouse batik, sackdress batik, blouse batik abg, daster batik, kardigan batik, kaos batik, dsb. Agar busana batik tetap melekat di hati masyarakat, dan menjadikannya busana pilihan utama dalam aktivitas keseharian.

Semoga batik tetap eksis dan bahkan berkembang menjadi busana kebanggaan Bangsa bahkan di tingkat global, dengan dikembangkannya batik menjadi baju batik modern.***(Gus Setyono).

baca juga artikel :
baju batik warna cerah menyambut Natal dan Tahun 2013
trend warna dan model busana batik 2013
pakaian batik wanita model sackdress

Lihat produk baju batik modern :
baju batik modern SB.02-25
baju batik modern SB.02-26
baju batik modern SB.02-20
baju batik modern SB.02-11
baju batik modern SB.02-10
baju batik modern SB.011-12
baju batik modern SB.009-21
baju batik modern SCD.07-30
baju batik modern SCD.011-11
baju batik modern SCD.01-20
baju batik modern SRB.01-24
baju batik modern SRB.01-23
baju batik modern SCD.01-18
baju batik modern SB.01-07
Pesan BAJU BATIK MODERN : MENGGABUNGKAN NUANSA ETNIK DAN EKSKLUSIF
Quantity :