Wirausaha Berjualan Batik..!!!


ARTIKEL
Wirausaha Berjualan Batik…!!!---- Oleh : Gus Setyono

Para sahabatku di seluruh Tanah Air, berwirausaha rasanya adalah pilihan yang paling logis saat kita menginginkan perubahan finansial dalam kehidupan. Karena keberanian mengambil resiko dalam berwirausaha membuka peluang atau kesempatan untuk meraup pundi-pundi Rupiah, dibalik resiko yang memang selalu ada. Dengan demikian ada baiknya kita memilih usaha yg paling kecil resikonya dalam berwirausaha. Rasanya wirausaha berjualan batik adalah pilihan yg cukup tepat.

Arti dari “wirausaha” menurut Kasmir (2006) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Sedangkan menurut Soeharto Prawiro (1997), kewirausahaan adalah suatu nilai yg diperlukan untuk memulai suatu usaha dan mengembangkan usaha (www.lifeskill.staff.ub.ac.id). Dengan demikian ada 2 (dua) hal yg penting dari pengertian-pengertian wirausaha ini, yaitu keputusan untuk memilih suatu usaha dan nilai-nilai yg diperlukan untuk memulai serta mengembangkan usaha tersebut.

Kenapa wirausaha berjualan batik yg kita pilih saat mengambil keputusan berwirausaha? Sesuai prinsip meminimalkan resiko, maka wirausaha berjualan batik adalah yg paling tepat. Batik adalah produk fashion tradisional karya asli Anak Bangsa, yang kualitas dan gengsinya sudah bertaraf dunia. Apalagi sekarang banyak instansi yang mengharuskan pegawainya untuk berbusana batik pada hari-hari tertentu. Artinya produk batik sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Dengan demikian resiko untuk tidak laku sangatlah kecil.

Dari sisi modal uang juga sangat fleksibel, sesuai dana yg kita punya saat ini. Kita bisa memulai wirausaha berjualan batik dengan modal sekecil apapun, bahkan tanpa modal awal sama sekali asal kita mempunyai tekad kuat (lihat dan baca artikel saya “Tips Berbisnis Batik Dengan Modal kecil”). Nah, berarti dari sisi resiko usaha wirausaha berjualan batik adalah yg cukup kecil resikonya. Jadi, kenapa tidak sahabat mulai dari sekarang???

Nilai-nilai Yg Dibutuhkan
Kini, mari kita lihat nilai-nilai yg diperlukan untuk memulai wirausaha berjualan batik serta mengembangkannya. Di atas tadi sudah saya sebutkan bahwa “tekad kuat” merupakan modal terpenting saat memulai usaha. Apalagi jika modal uang kita terbatas. Tekad yg kuat juga menjadi salah satu nilai yg mesti selalu kita jaga untuk mengembangkan usaha. Dengan tekad kuat kita tidak akan mudah menyerah saat menghadapi tantangan dan kesulitan. Kebanyakan tekad kuat dimiliki para wirausahawan saat memulai usaha, namun dalam perkembangannya tekad itu menjadi luntur.

Nilai lainnya dalam wirausaha berjualan batik adalah kedisiplinan. Disiplin dalam melaksanakan aktivitas berjualan (misalnya promo, menawarkan barang, mengirim barang jika pembeli di luar kota, membuat laporan keuangan, melihat harga pesaing, dll), dan disiplin dalam mengelola uang usaha. Dengan kedisiplinan ini, maka peluang untuk mengembangkan usaha menjadi lebih mudah dilakukan.

Nilai berikutnya adalah ikhlas. Lho...emang ada hubungannya keikhlasan dengan wirausaha? Ternyata memang ada. Dengan ikhlas berjualan batik, maka kita menjadi tulus untuk melakukan usaha yg jujur/halal dengan kerja keras. Kejujuran dan kerja keras yg disertai doa sangat disukai oleh Tuhan, dan karenanya rejeki akan selalu mengalir melalui usaha kita ini. Melalui keikhlasan, maka kita tidak akan mudah mengeluh, bahkan saat keadaan sulit, penuh tantangan dan butuh kerja ekstra keras. Ya, wirausaha berjualan batik memang membutuhkan kerja keras, tidak mudah mengeluh dan jujur agar selalu dipercaya oleh konsumen.

Prospek Dan Media Usaha
Lalu, gimana dengan prospeknya? Bukankah dalam memutuskan berwirausaha prospek juga menjadi alasan penting? Memang benar para sahabatku. Namun dalam kegiatan wirausaha berjualan batik ini kita tidak perlu khawatir soal prospek. Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai karya asli bangsa Indonesia non bendawi, batik semakin memikat masyarakat. Militansi masyarakat untuk berbusana batik semakin tinggi, karena menyadari bahwa batik adalah karya tradisional berkelas dunia yg sudah diakui oleh badan dunia. Sekarang tugas kita untuk semakin membuat batik lebih diminati lagi. Caranya ya kita mesti mengerahkan segala upaya dan kreativitas untuk menciptakan model-model baru yg indah dan up to date. Dengan cara ini, sama saja kita membuka lebih lebar prospek bagus dalam ber- wirausaha berjualan batik.

Yang penting berikutnya adalah media penjualan. Silahkan sahabat memutuskan sendiri berbagai media penjualan dalam wirausaha berjualan batik. Dari yg membutuhkan dana besar sampai yg hanya butuh dana sedikit. Misalnya saja, dengan membuka rumah batik
(yg bisa dilakukan dirumah sendiri), ikut event-event promo seperti pameran, pasar murah, ajang expo, dsb. Atau kalau ingin lebih mengembangkan usaha bisa saja membuka toko online. Untuk media toko online, pilih aja yg gratisan kayak blogger...hehehe...namanya juga mau yg murah-murah. Dan terbukti, meskipun media online gratisan tapi bisa juga menghasilkan penjualan yg lumayan lho.

Nah, kalau kita sudah menentukan mau ber- wirausaha berjualan batik dan sudah tahu nilai-nilai yg diperlukan untuk menjalankannya, maka mari kita putuskan dan laksanakan sekarang!!! Jangan ditunda-tunda. Kesempatan kita untuk sukses tidak bisa kita ulang, maka segera jalankan. Siapa tahu wirausaha berjualan batik adalah jalan yang kita perlukan untuk mendapatkan keberhasilan. Kalau sahabat masih ragu, silahkan baca artikel saya “Tips Berbisnis Batik Dengan Modal kecil”, disitu secara lebih detail saya ulas bagaimana mulai menjalankan usaha berjualan batik.

Bagi yg sudah memutuskan untuk wirausaha berjualan batik dan sahabat masih bingung, kemana saya harus berbelanja (kulakan) barang (produk baju batik), saya persilahkan mengunjungi onlineshop saya ini di www.batiktradisijawa.blogspot.com. Dengan berbelanja (kulakan) di tempat kami (sory banget promo ini ya!), para sahabat akan mendapatkan barang yang cukup murah, berkualitas dan modelnya up to date atau selalu baru. Selain itu sahabat tidak perlu susah-susah datang ke tempat kami, karena kami akan mengirim pesanan sahabat sesuai alamat di seluruh wilayah Indonesia. Jadi sahabat akan menghemat ongkos operasional (biaya pembelian barang). Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kami via BBM (PIN BB : 2A004601) atau sms ke No.HP : 08882540859, 08882570679, 08156541369.

Okay para sahabatku, selamat berbisnis. Selamat memulai wirausaha berjualan batik. Dan selamat menjadi orang sukses karena keberanian sahabat untuk memutuskan mengambil peluang untuk sukses dengan wirausaha berjualan batik..
Salam sukses dan semoga batik tetap dicintai oleh masyarakat Indonesia dan dunia..!!!


Selain artikel wirausaha berjualan batik ini, baca juga artikel lainnya dan silahkan lihat produk kami :
Tips Membuka Usaha Batik Dengan Modal kecil
6 Kiat memasarkan batik dengan modal kecil
4 Ciri Pakaian Batik Berkualitas Bagus
Stok Baju Batik Sarimbit Rmh Batik Jawa
Stok Baju Batik Blouse Rmh Batik Jawa
Stok Sackdress Batik Rmh Batik Jawa
Stok Baju Batik Big Size Rmh Batik Jawa
.


Pesan Wirausaha Berjualan Batik..!!!
Quantity :

0 comments:

Post a Comment