Tips Memilih Dress Batik Sesuai Bentuk Tubuh


ARTIKEL
tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh --- Tuhan mengaruniakan bentuk tubuh manusia dengan segala keunikannya. Tentu sobat tidak bijaksana kalau kemudian mengubah bentuk tubuh dengan cara-cara yang bisa membahayakan kesehatan atau bahkan keselamatan. Paling bijaksana kalau kita berusaha menyesuaikan model pakaian agar bisa selaras dengan keunikan bentuk tubuh. Khususnya agar kekurangan fisik kita bisa ditutupi dengan pakaian.

Tak terkecuali pakaian batik, selain merupakan warisan budaya leluhur yang mesti dilestarikan, pakaian batik khususnya dress batik, ternyata juga bisa menutupi kekurangan bentuk fisik tubuh, bahkan membuat wanita terlihat lebih serasi dan cantik dalam berpakaian. Asal kita tahu bagaimana tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh. Karena itu agar pakaian batik yang sahabat kenakan bisa membalut kekurangan fisik maka perlu sahabat mempelajari tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh ini.

Untuk bisa memiliki pengetahuan tentang tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh, kita perlu mengetahui terlebih dahulu model-model dress batik yg ada, baru kita sesuaikan model-model tersebut dengan bentuk tubuh kita. Model-model dress batik yang ada perlu kita perhatikan baik panjang-pendeknya maupun struktur bentuknya.

Media online YAHOO NEWS tanggal 26 September 2012, dalam artikelnya berjudul "Trik Memilih Rok Sesuai Bentuk Tubuh", menyebutkan ada empat model rok yang sering dipakai kaum wanita, yaitu : rok model A-line, rok pensil, rok balon dan rok mini. Masing-masing model rok ini memiliki karakteristik, yang bila dipadukan dengan bentuk tubuh kita akan terlihat serasi dan bahkan bisa menutupi kekurangan bentuk tubuh wanita.

Model-model rok ini juga dikenal dalam busana batik (kita sebut dengan : dress batik). Di online shop ini ( www.batiktradisijawa.blogspot.com ) ada produk yang kami sebut dengan Sackdress Batik (baju kurung/dress terusan). Artikel ini memang saya tekankan pada dress batik yg jenis sackdress, karena untuk jenis longdress perlu ada penjelasan lain yg lebih spesifik agar lebih tepat diterapkan dalam berbusana.

Meskipun namanya berbeda, namun model bagian bawah (pinggang ke bawah) sackdress sama dengan karakter rok. Karena itu trik memilih rok sesuai bentuk tubuh tersebut juga bisa diterapkan untuk pemilihan dress batik, agar penampilan kita bisa terlihat lebih proporsional dan menarik.

Untuk bisa memadukan dengan tepat model dress batik dan bentuk tubuh wanita, maka perlu kita ketahui model-model dress batik yg bisa dikelompokkan dalam 4 bagian sebagai berikut :

1. Dress batik model A-Line
Dress batik model ini membentuk siluet seperti huruf “A” yang melebar ke bawah (contoh sackdress batik yg bawahnya model A-Line adalah :
Dress batik model A-line cocok untuk wanita yg berpinggul lebar namun berpantat tipis. Karena rok model ini bisa menyamarkan bentuk pinggul yg lebar dan memberikan kesan lebih besar pada pantat.
Untuk menyamarkan bagian perut dan membuat tubuh lebih terlihat ramping, pilih potongan bentuk “A” yg dimulai dari atas pinggang, serta warna yang cenderung gelap.

2. Dress batik model pensil
Rok atau sackdress jenis ini memiliki model mengecil di bagian bawah sehingga menimbulkan efek ketat yang membentuk tubuh si pemakai. Umumnya rok atau sackdress ini panjangnya adalah se-lutut.
Rok atau sackdress batik ini cocok untuk pemilik tubuh ala jam pasir dengan pinggang yang ramping. Tapi sebisa mungkin hindari garis pinggang yang terlalu tinggi sehingga bisa membuat tubuh bagian atas terlihat lebih pendek.
Rok atau sackdress pensil bisa digunakan juga oleh pemilik tubuh dengan bagian bawah yg besar. Namun rok jangan terlalu ketat dan lekukan bagian bawah jangan terlalu sempit. Pilih rok atau sackdress batik dengan lekukan sedikit mengecil di bawah namun tidak terlalu sempit sehingga tidak menarik perhatian ke bagian bawah tubuh Anda. Pilih warna gelap dengan bahannya yang ringan. Padukan dengan jaket atau cardigan sepinggul untuk menyempurnakan penampilan.

3. Dress batik model balon
Dress batik model ini bagian bawahnya didesain bertumpuk atau mengembang. Sehingga cocok untuk Anda yang memiliki tubuh langsing. Tekstur bagian bawah yang tebal dan mengembang bisa membantu Anda untuk membuat tubuh terlihat lebih berisi.
Dress batik jenis ini juga cocok untuk pemilik tubuh lurus (garis dada sampai pinggul terlihat lurus dan tidak terlalu membentuk pinggang). Dress jenis ini akan membentuk tubuh Anda terlihat lebih berlekuk.
Untuk Anda yang tidak terlalu tinggi, pilih dress batik balon yg panjangnya sedikit di atas lutut.

4. Dress batik model mini
Dress batik mini umumnya bisa digunakan oleh berbagai bentuk tubuh. Untuk yang berbadan tinggi dan langsing, jangan memilih dress batik yang terlalu pendek karena akan terlihat semakin pendek ketika dikenakan oleh si pemilik tubuh semampai. Pilih dress batik dengan panjang sedikit saja di atas lutut.
Untuk si langsing, pilih dress batik dengan bahan agak tebal atau motif yang ramai untuk memberi kesan berisi pada bagian bawah.
Jika tubuh Anda besar di bagian bawah, pilih dress batik mini berwarna gelap dan panjang sedikit di atas lutut dan padukan dengan atasan pendek sepinggang.
Sedangkan jika tubuh Anda seperti jam pasir, jangan memilih mini dress batik yang terlalu ketat atau sedikit mengecil di bagian bawah. Hindari motif yang penuh atau bahan yang tebal yang bisa membuat bagian bawah tubuh Anda semakin berisi. Gunakan ikat pinggang untuk menarik perhatian pada siluet bagian tengah tubuh Anda.
Kenakan asesoris stocking atau legging jika menggunakan dress batik super mini agar penampilan Anda terlihat lebih bergaya sekaligus memberi keleluasaan saat beraktivitas dengan mini dress.

Demikian tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh bagi Anda para wanita pecinta busana batik. Semoga informasi ini berguna dan busana batik semakin diminati masyarakat.

Bila para pembaca/sahabat berminat untuk berbelanja produk-produk busana batik kami yg modelnya keren, kualitasnya bagus dan harga yg murah, silahkan hubungi kami di No. HP : 08156633469 atau invite BBM (PIN : 2a004601).
Oya, bulan ini kami memberikan SPECIAL PROMO, bagi para sahabat, yakni berupa GRATIS ONGKOS KIRIM ke seluruh wilayah Indonesia jika Sahabat membeli minimal 5 (lima) ptg busana batik kami (baju couple dihitung 1 ptg). Masih ditambah lagi diskon khusus bila pembelian sahabat minimal 20 (dua puluh) ptg. Ayo, buruan segera diorder..!!!

Terima kasih atas kunjungan Anda***



Selain artikel mengenai tips memilih dress batik sesuai bentuk tubuh, lihat dan baca juga :
Galeri Produk Busana Batik
Pakaian batik wanita model sackdress
Model baju batik untuk tubuh langsing
Trend warna dan model busana batik 2013
Ciri-ciri pakaian batik berkualitas bagus.
Pesan Tips Memilih Dress Batik Sesuai Bentuk Tubuh
Quantity :

3 comments:

Post a Comment