Batik Jawa : Tradisi Dan Seni Yg Penuh Filosofi


ARTIKEL
Batik jawa : tradisi dan seni yg penuh filosofi---
Batik Indonesia telah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO telah mengakui batik Indonesia sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Takbenda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Sebagai hasil budaya masyarakat Indonesia, batik memang memiliki nilai seni yang tinggi. Terutama batik hasil karya orang Jawa (selanjutnya disebut : batik jawa).

Kata “batik”, menurut asalnya dalam bahasa Jawa berasal dari kata “amba” (artinya menulis) dan “nitik” (berarti memberi "titik"). Karya batik merupakan penggabungan dari kerajinan dan seni. Karya seni batik terutama batik jawa (tanpa merendahkan keagungan dan keindahan batik dari daerah lain di Tanah Air), penuh dengan arti filosofi.

Tradisi membatik di tanah Jawa pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional klasik hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Pada jaman dahulu, motif atau pola batik jawa masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya seni batik Jawa mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Unsur seni pada kerajinan batik jawa memang bukan sekadar lukisan yang ditorehkan pada kain dengan mengunakan canting (alat untuk membatik yang berisi malam atau lilin). Banyak jejak bisa digali dari seni dalam sehelai kain batik jawa. Sebab motif yang ditorehkan pada selembar kain batik selalu mempunyai makna tersembunyi.

Jenis dan corak batik jawa tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam (http://tseljatengdiy.com/).
Beberapa kota di Pulau Jawa yang terkenal sebagai penghasil seni batik adalah : Surakarta, Yogyakarta dan Pekalongan. Pakaian dari bahan kain batik yg dihasilkan oleh masyarakat di Pulau Jawa ini sangat indah dan penuh dengan nilai seni. Untuk contoh-contoh busana hasil kerajinan batik jawa bisa dilihat di : "Rmh batik jawa".

Harga busana produk batik jawa bervariasi, mulai dari yg murah sampai mahal. Rata-rata untuk pakaian batik jenis cap yg kelas menengah seharga sekitar Rp.85.000,- sedangkan kalau masih dalam bentuk kain sekitar Rp.35.000,-/meter. Harga tersebut tidak ada artinya dibandingkan keindahan, nilai seni, tradisi dan filosofi yang terkandung dalam sepotong busana hasil kerajinan batik jawa. Selamat berbusana batik Jawa..batik Indonesia..!

Lihat produk dan Baca juga :
batik jawa Scd.11-31
batik jawa Scd.08-03
batik jawa SCD.07-32
batik jawa SB.01-07
batik jawa SB.005-01
batik jawa SB.009-12
Trend warna dan model busana batik 2013
Baju batik Indonesia di Rumah Batik Jawa
Macam-macam batik berdasar cara pembuatan
Sejarah batik Indonesia
Batik jawa model sackdress
Batik jawa model blouse
Batik jawa model hem pria
Batik jawa model sarimbit.



Pesan Batik Jawa : Tradisi Dan Seni Yg Penuh Filosofi
Quantity :

0 comments:

Post a Comment