Menilik Sejarah Batik Indonesia


ARTIKEL
Sejarah Batik Indonesia ---- Batik Indonesia yang menurut sejarahnya merupakan warisan karya leluhur Bangsa, terus dipertahankan kelestariannya, dan bahkan dikembangkan agar tetap layak menjadi produk tradisional yang berkualitas internasional. Karena itu busana batik Indonesia saat ini semakin diminati masyarakat dan malah dijadikan sebagai pakaian wajib bagi instansi-instansi tertentu.

Sejarah batik Indonesia dalam tulisan berikut ini bersumber dari situs id.wikipedia.org. Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna, atau dalam bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Para wanita Jawa pada masa lampau menjadikan ketrampilan batik sebagai mata pencaharian, dan pada masa lampau pekerjaan membatik adalah sebuah pekerjaan yang eksklusif, hingga ditemukannya "Batik Cap".

Ditinjau dari sejarah batik Indonesia, awalnya batik memiliki ragam dan corak warna yang terbatas. Beberapa corak hanya boleh dipakai kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa. Demikian pula penjajah dari Eropa juga berminat pada batik dan kemudian memperkenalkan corak kebungaan (seperti bunga tulip).
Teknik membatik (dalam sejarah batik Indonesia) telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Ada yg menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti : Indonesia, Malaysia, India, Srilanka, Iran, dan beberapa negara di Afrika. Namun demikian batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

Tradisi membatik dalam sejarah batik Indonesia awalnya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang suatu motif dapat dikenali berasal dari keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Sekarang aneka motif batik dipadukan menjadi pakaian batik modern yg menyesuaikan perkembangan zaman (bila berkenan, silahkan lihat galeri keindahan gambar batik Indonesia di----> klik link : Rumah Batik Jawa).
Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia (Jawa) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali dikenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai baju batik pada konferensi PBB.

Sumber : id.wikipedia.org.




Selain artikel Menilik Sejarah Batik Indonesia ini, baca juga :
javanese traditional art of batik
batik tulis bakaran juwana
Busana Batik Sarimbit Model Terbaru 2013 di Rumah Batik Jawa
Pakaian Batik Wanita Model Sackdress
Batik Jawa : tradisi, kerajinan dan seni yg penuh filosofi
Memilih rok batik sesuai bentuk tubuh






Pesan Menilik Sejarah Batik Indonesia
Quantity :