4 Ciri Pakaian Batik Berkualitas Bagus


ARTIKEL
Oleh : FX. Gus Setyono (www.batiktradisijawa.blogspot.com)

4 ciri pakaian batik berkualitas bagus---
Agar tidak kecewa setelah berbelanja pakaian batik, ada baiknya kita mengetahui 4 ciri pakaian batik berkualitas bagus. Sungguh disayangkan kalau pakaian batik yang baru saja kita beli tiba-tiba rusak atau tidak bisa dipakai lagi. Padahal kita sangat menyukai pakaian batik itu, mungkin karena modelnya yang keren atau warna dan motifnya yang cantik.

Jenis batik tulis yang asli biasanya memang berkualitas bagus, namun harganya lebih mahal bila dibandingkan jenis batik cap, printing atau kombinasi. Kalau dana kita terbatas, maka pilihan ke pakaian batik cap atau printing rasanya tidaklah tabu. Selain harganya lebih murah, pakaian batik yang terbuat dari bahan batik cap atau printing ternyata juga banyak yang model, warna, motif serta kualitasnya bagus. Hal ini bisa kita dapatkan kalau memahami 4 ciri pakaian batik berkualitas bagus.

Karena itu mencari pakaian batik tidak harus yang berharga mahal. Kalau memang kita berniat membeli pakaian batik yang harganya mahal dan eksklusif, pilihlah batik jenis batik tulis. Belilah pakaian batik tulis dari penjual-penjual batik yang sudah ternama, atau langsung beli dari pengrajinnya.

Namun kalau pilihan Anda jatuh kepada batik jenis cap atau printing atau kombinasi, maka pilihlah pakaian batik yang mutunya memang tinggi (meskipun tidak harus dengan harga mahal).

Berikut adalah 4 ciri pakaian batik yang berkualitas bagus:

‘1. Bahan kain berkarakter halus dan kuat
Kalau Anda memilih pakaian batik dari jenis kain katun, maka pilihlah kain katun yang halus (kalau diraba permukaannya terasa halus) dan nyaman ketika dipakai (tidak terasa gatal dan panas). Bila Anda suka bahan yang lemas dan jatuh, pilihlah jenis kain paris yang bertekstur halus, lembut dan terasa dingin bila dipakai. Atau jika Anda menyukai bahan yang berserat tapi halus, maka pilihlah pakaian batik yang terbuat dari bahan kain dobi.
Jenis bahan kain katun halus, kain paris dan kain dobi adalah bahan-bahan yang cukup kuat dan nyaman dipakai.
‘2. Warna dan motif batik
Pilihlah warna dan motif pakaian batik yang Anda sukai. Namun warna dan motif yg bagus memang tidak menjamin bahwa kualitasnya bagus. Kualitas warna dan motif pakaian batik memang bisa dilihat setelah dilakukan beberapa kali pencucian. Pada pencucian pertama hingga ke tiga biasanya pakaian batik terlihat seperti luntur. Hal ini karena terjadi proses pelepasan residu sebagai akibat bahan-bahan alam yang dituangkan pada kain. Namun pada pakaian batik yg berkualitas, pelepasan residu itu tidak akan mempengaruhi (menghilangkan) warna dan motif (untuk lebih jelasnya baca juga : "4 Tips Merawat Batik"). Jadi walaupun beberapa kali terlihat seperti luntur, namun warna dan motif akan tetap (tidak berubah) jelas dan bagus. (Kami juga menyediakan busana berkualitas bagus seperti ini, untuk melihat kepuasan para pembeli kami silahkan lihat/klik ----> TESTIMONI)

‘3. Kualitas jahitan :
Jahitan pakaian batik yang berkualitas harus rapi dan kuat. Tidak masalah bila ada satu atau dua jahitan yang lepas (karena sangat sulit menemukan jahitan pakaian yg benar-benar sempurna), namun secara umum jahitan pakaian harus kuat dan rapi. Antara jahitan sebelah kanan dan kiri simetris, atas dan bawah juga proporsional.

‘4. Kenyamanan pakaian batik
Pakaian batik yg terbuat dari kain yg tebal belum tentu lebih bagus kualitasnya. Karena itu pilihlah pakaian batik yg selain modelnya keren, warna dan motifnya cantik, juga terasa nyaman bila dipakai. Pakaian batik yang berkualitas akan terasa nyaman bila kita kenakan. Perasaan kita menjadi percaya diri dan merasa cocok pada saat memakainya.

Demikian 4 ciri pakaian batik yang berkualitas bagus. Sekali lagi jangan takut melengkapi koleksi pakaian batik. Pada saatnya nanti keahlian Anda dalam memilih pakaian batik yang berkualitas akan semakin terasah seiring dengan “jam terbang” Anda dalam berbelanja dan memakai pakaian batik.
Bila pembaca berkenan, silakan lengkapi koleksi pakaian batik Anda dengan berbelanja di online shop ini (klik link : Rumah Batik Jawa). Untuk pembelian silahkan hubungi kami melalui sms ke No.HP : 08156633469, atau melalui BBM (PIN BB : 2a004601 ). Kalau Sahabat mau datang langsung ke alamat kami bisa juga kok, di : Desa Puri, Perum Puribaru Permai B5/36, Jl.Gatotkaca I, Pati, Jateng. Agar para pecinta batik percaya akan kualitas, kenyamanan dan kemudahan proses pembelian di Rumah Batik Jawa, silahkan lihat TESTIMONI para pelanggan kami yg sudah beberapa kali berbelanja busana batik di tempat kami. DAPATKAN SPECIAL PROMO dari kami, GRATIS Ongkos Kirim ke seluruh Wilayah Indonesia untuk pembelian minimal 5 ptg produk busana batik kami (baju couple dihitung 1 ptg)..!!!

Bagi sahabat yg mengutip atau bahkan meng-copy paste tulisan sy ini di web atau blog sahabat, tolong dicantumin sumber tulisan ya (nama penulis dan blog sy : www.batiktradisijawa.blogspot.com)...!!!

Semoga tulisan ini berguna bagi para sahabat, dan terima kasih atas kunjungannya...!


Selain artikel 4 ciri pakaian batik yang berkualitas bagus di atas, lihat dan Baca juga :
Galeri Sarimbit Batik
Galeri Sackdress Batik
Galeri produk blouse batik
Galeri Busana dan kain batik
trend warna dan model busana batik tahun 2013
cara tepat merawat batik
Busana batik sarimbit di rumah batik jawa
pakaian batik wanita model sackdress
Trend Model Blouse Batik 2013
Trend Warna dan Model Busana Batik 2013
Pesan 4 Ciri Pakaian Batik Berkualitas Bagus
Quantity :